Friday, April 21, 2017

MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN

Judul buku : Leadership GOLDEN WAYS
Penulis       : Mario Teguh
Penyunting : Linna Mario Teguh
Penerbit      : Mario Teguh Publishing House, Jakarta
Cetakan I    : Agustus 2009
Tebal           : 226 Halaman
Harga          : Rp. 110.000, 00
Peresensi     : Achmad Rois)*

MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN
Materi atau konsep-konsep kepemimpinan sudah sering kita temui dihampir setiap toko buku diseluruh kota sampai pelosok Negeri. Pelatihan-pelatihan tentang kepemimpinan pun tak kalah sering diadakan seperti pertandingan bulu tangkis atau bola basket. Sistem dan metode yang disajikannya pun macam-macam dan bervariasi. Sebagian dari pelatihan lebih mengedepankan konsep-konsep dan metode kepemimpinan. Namun tidak sedikit dari begitu banyak bentuk pelatihan yang menyajikan konsep disertai praktik-praktik miniatur dalam memimpin sebuah organisasi. Tak asing bila hampir setiap individu dari kalangan masyarakat educated begitu mengenal kata pemimpin atau kepemimpinan.
Buku Leadership GOLDEN WAYS ini hadir disela-sela kesibukan setiap orang yang sedang menjadikan dirinya seorang pribadi yang tangguh dalam memimpin. Seperti judulnya, Leadership GOLDEN WAYS mengungkap jalan-jalan apa saja yang harus ditempuh oleh setiap pemimpin yang ingin memaksimalkan potensi individunya dalam menjadikan setiap orang yang dipimpinnya menjadi pelaku utama dalam sebuah organisasi. Inilah yang membuat buku ini berbeda dari buku-buku kepemimpinan lain. Pembahasannya tidak hanya terjebak dalam proses individu yang memimpin, tetapi juga memberikan pedoman kepada setiap individu yang sedang dipimpin untuk bisa memimpin dirinya sendiri. Seperti kutipan berikut:
“Semua kepemimpinan adalah kepemimpinan pribadi, sehingga tidak ada pribadi yang bisa mengharapkan dirinya menghasilkan kinerja organisasi yang baik – tanpa menjadikan diri pribadinya sebagai penyebab utama tergelorakannya semangat dan tertatanya semua proses kerja”, (hal-5).
Hal ini adalah alasan paling tepat bagi siapapun yang ingin memiliki buku ini sebagai konsumsi intelektual ataupun hanya sebagai koleksi pelengkap perpustakaan pribadi dirumah sehingga bisa dibaca kapanpun disaat ada waktu luang.
Buku Leadership GOLDEN WAYS ini dapat dinikmati oleh semua kalangan karena pemilihan kata-katanya cukup sederhana dan cukup mudah dipahami. Keindahan dalam merangkai setiap kata membuat buku ini tidak membosankan untuk dibaca. Maka bukanlah sesuatu yang aneh apabila buku Leadership GOLDEN WAYS ini terjual laris di pasar intelektual.
Hal tersebut juga tidak terlepas dari peran Mario Teguh sebagai penulis. Beliau adalah Motivator terkemuka di Negeri ini, jadi para konsumtor tak perlu lagi meragukan kapasitas penulis dalam menyajikan materi-materi dalam kemasan yang sangat menarik pada setiap bab dari buku Leadership GOLDEN WAYS ini.
Buku yang diterbitkan oleh Mario Teguh ini mungkin akan menjadi pendamping bagi keefektifan proses pencapaian kesejahteraan, kecemerlangan dan kebahagiaan kehidupan setiap individu yang sedang memimpin ataupun yang sedang dipimpin dan dilayani.
Buku Leadership GOLDEN WAYS ini hadir pada saat Negara dan Bangsa ini tengah dilanda krisis figur dan tauladan seorang pemimpin. Masyarakat secara umum tak lagi menjumpai figur seorang pemimpin yang menjunjung tinggi konsep seorang pemimpin sebagai pelayan mereka yang sedang dipimpin. Hal seperti ini hanya terlontar saat kegiatan-kegiatan kampanye. Tertulis hanya pada kontrak-kontrak kepemimpinan. Tetapi masih jauh dari implikasi. Atau dalam bahasa yang lebih mudah kita pahami, konsep atau teori kepemimpinan hanya sering “terdengar” dan “tertulis” tetapi jarang “terlaksana”.
Motivasi ini dituangkan pada salah satu bab dalam buku Leadership GOLDEN WAYS ini.
“Memimpin dengan yang Mungkin untuk mencapai yang tadinya Tidak Mungkin”.
“Kita disebut pemimpin karena kita mengupayakan peningkatan nilai diri yang ada untuk membangun nilai-nilai yang tadinya belum ada”.
“Pemimpin yang luar biasa adalah pribadi-pribadi biasa yang sikap dan caranya tidak biasa”.
Masih banyak kumpulan kata-kata yang disusunkan penulis begitu indah dan menarik dalam buku ini yang bisa dijadikan motivasi. Motivasi yang berusaha dikembangkan oleh penulis dalam buku ini tidak hanya pada motivasi ekstrinsik semata. Tetapi memungkinkan kepada pembaca untuk menggali motivasi intrinsik karena terbukti motivasi ini memiliki pengaruh lebih besar terhadap pengembangan potensi individu, terutama yang dimaksudkan buku ini adalah tentang kualitas memimpin sebagai seorang pemimpin.

)* Penulis adalah aktivis Pusat Kajian Filsafat dan Theologi (PKFT) Tulungagung.

No comments:
Write comments